bangeko.my.id

resolusi impian

Pengen Jadi Komikus? Wujudkan Bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bicara soal resolusi tentu setiap orang punya keinginan dan impian yang berbeda-beda, termasuk aku. Di blog satunya aku pernah mengatakan bahwa salah satu resolusiku di tahun ini adalah punya laptop baru.

Yang mana laptop yang saat ini aku gunakan sudah lebih dari 8 tahun, terlebih speknya yang terbilang sangat cupu, tapi aku bersyukur ia mampu bertahan hingga sekarang. Itu pun karena storagenya aku upgrade ke sdd trus ram juga di tambah. Yah, setidaknya masih bisa diandalkan untuk pekerjaan ringan.

Dan gak terasa sekarang sudah hampir 3 bulan berlalu di tahun 2021.  Mengkoreksi kembali apakah sudah ada resolusi yang tercapai, dan sepertinya resolusi punya laptop baru masih belum juga tercapai nih hehehe.

Gak terasa juga pandemi sudah berlangsung selama satu tahun dan belum mau pergi. Meski banyak dampak negatifnya, pandemi juga membuat sebagian orang harus lebih kreatif.

Terbukti banyak inovasi-inovasi yang hadir di tengah pandemi. Selain itu orang-orang juga banyak yang berkarya dengan membuat beragam konten di berbagai platform seperti youtube, tiktok, instagram maupun blog kalau sebutan kerennya sekarang sih content creator

Efek positif dari pandemi adalah menunjukkan bahwa betapa banyak orang yang kreatif khususnya di Indonesia. Beragam karya bisa kita nikmati dengan mudah dari beragam platform tersebut.

Nah aku pun termasuk bagian dari mereka yang ikutan berkarya, meski belum seaktif orang-orang namun aku tetap berusaha menghasilkan konten yang bermanfaat  khususnya melalui blog dan desain. Jujur aku terbilang masih di level pemula, masih perlu mencari pengalaman serta ilmu yang lebih.

Nah sejak dulu tuh aku punya keinginan untuk membuat komik. Soalnya sejak kecil emang hobi banget ngegambar, walaupun hanya sekedar hobi yang belum berbuah prestasi. Nah di tahun ini tuh keinginan itu muncul lagi sejak melihat adanya kontes-kontes komik tingkat nasional yang hadiahnya lumayan gede.

Paling tidak ya bisa nerbitin komik via platform gratis kayak webtoon dan sejenis nya gitu deh, denger-denger nih honornya lumayan juga kalo bisa tembus official. Tapi itu bukan tujuan utama sih, itu mah bonuslah. Karena setiap karya punya jalannya sendiri. Cie elah hehehe

sketsa-laptop
Contoh sketsa gambar yang aku buat di software SmoothDraw 4

Jadi saat fokus tujuan utama ngomik adalah ingin membuat matematika jadi lebih menarik dan menyenangkan untuk dipelajari, intinya sih bermanfaat bagi pembaca nantinya, setidaknya jadi amal jariyah juga hehehe. Sebenarnya ngomik itu salah satu resolusiku di tahun-tahun sebelumnya yang masih belum terealisasi.

Nah sejak kembali termotivasi aku sekarang mulai belajar tentang hal-hal komik, mulai dari cara menulis ceritanya, belajar gambar digital menggunakan pen tablet. Ternyata di komik itu lumayan komplek juga, ibarat kita sedang berada dalam pembuatan sebuah film namun dituangkan melalui kanvas.

belajar-karakter

Kesulitan Saat Menggunakan Pen Tablet dan Laptop Uzur

  • Bikin line art kurang rapi
  • Kadang “miss” saat pemilihan warna
  • High latency di software tertentu, seperti clip studio paint
  • Hanya bisa menggunakan software ilustrasi ringan
  • Aplikasi software profesional tidak mampu di jalankan

Nah masalahnya, laptopku yang sudah uzur ini sepertinya kurang mendukung agar bisa menghasilkan karya yang matang. Sebab mulai dari layarnya yang HD namun menggunakan panel TN, lalu prosesor yang masih intel celeron 887, trus GPU nya cuma intel HD biasa. Jadi kalau mau buka software yang berat ya pasti ga akan kuat.

Lain lagi ceritanya dengan alat pendukung untuk gambar digital, aku menggunakan pen tablet yang paling terjangkau, salah satu kendalanya adalah ukurannya yang terlalu mungil untuk ukuran pen tablet. Walaupun demikian aku tetap menggunakannya agar suatu saat bisa punya alat yang lebih bagus.

Nah masalah utama ketika membuat gambar adalah pada layarnya, seperti yang aku bilang sebelumnya laptop yang aku gunakan saat ini yaitu menggunakan panel layar TN sehingga produksi warnanya terbilang kurang, jujur aku sering miss saat memilih warna baik dari gambar, maupun sebuah desain. 

Apalagi sudut pandang layar TN ini juga kurang luas, sehingga saat pindah posisi layar warnanya seketika berubah. Jadi misalnya aku butuh warna biru untuk desain/gambar, di laptop udah bener dilihat warnanya biru namun saat di publish ke perangkat lain ternyata warnanya berubah jadi hijau. Hal sepele seperti ini sangat sering aku alami hehehe.

Makanya aku butuh perangkat yang andal dalam hal ini terutama masalah warna dan sudut pandang pada layarnya. Nah berangkat dari situ, beberapa hari yang lalu aku nemu nih postingan tentang ASUS Zenbook Flip S (UX371). Postingannya tuh berupa info lomba blog yang hadiah utamanya laptop keren tersebut.

Akhirnya kepo juga aku kan dengan si Zenbook Flip S (UX371) ini. Setelah di telusuri ternyata speknya nih gila banget cocok banget deh, dan sepertinya semua masalahku tadi dapat diatasi semua oleh perangkat yang satu ini. Kalian kepo juga ye kan? Ngaku lho hahaha. Biar kalian gak penasaran, ya udah aku jelasin satu-satu.

Display Layar Overkill

Salah satu concern utama yang membuat aku sangat tertarik dengan si Zenbook ini adalah dari sisi layarnya yang bisa mendukung banyak pekerjaan, terutama di bidang desain dan ilustrasi. Pertimbangan memilih layar ini juga ada dasarnya loh, karena gak mungkin layar overkill gini performanya kentang. Pastilah performa dan jeroannya bukan kaleng-kaleng. Berikut penjelasannya.

Panel OLED

Pernah denger layar panel OLED gak? Kayaknya pernah denger deh penggunaan teknologi ini kalau di televisi. Kalau di laptop penggunaan panel layar OLED masih terbilang jarang lho. Kalau aku cek sih kayak masih kurang dari 10 brand yang berani menyematkan jeroan ini. Panel OLED merupakan teknologi layar yang canggih pada suatu perangkat elektronik. Harganya juga terbilang mahal lho, makanya jarang ada brand yang berani, namun ASUS sekarang cukup berani menyematkan teknologi ini pada produk barunya di Zenbook Flip S. Selain itu brightness nya cukup terang hingga 400 Nits.

Resolusi UHD / 4K

Nah kalau soal resolusi layar buat aku sebenarnya resolusi FHD aja udah cukup kok, ini malah dikasih layar 4K dengan ukuran 13,3” (3840 x 2160)pixel alias 16:9 dengan refresh rate 60Hz ,yang pasti udah mantep banget lah. Resolusi tajam gini cocok banget buat insan kreatif yang bekerja di bidang editing. Sebab layar rapat dan jernih gini pasti sangat nyaman buat mata. Apalagi kalau dipakai untuk kebutuhan multimedia, seperti menonton film di netflix dan nonton drakor misalnya hehehe. Pasti makin betah dah tuh.

Reproduksi Warna yang Luas

Masalah warna merupakan hal yang paling wajib jika di dunia kreatif. Sebab semakin luas warnanya tentu pengalaman membuat sebuah karya desain, ilustrasi, maupun editing photo dan video akan semakin menyenangkan. Apalagi Zenbook Flip S (UX371) ini sudah mendapatkan sertifikasi dari PANTONE

Yang mana dengan sertifikasi tersebut, pasti membuat aku semakin yakin produksi dan akurasi warna yang di hasilkan ZenBook Flip S ini juga salah satu yang terbaik. Yang mana ia punya reproduksi warna yang luas yaitu DCI-P3 hingga 100%, beberapa sumber ada juga yang menyebutkan sudah 100% sRGB bahkan hingga 133% sRGB yang mana reproduksi warna lebih komplek di banding dengan panel IPS

Layar dari ZenBook ini juga telah mendapat sertifikasi dari TÜV Rheinland yang mana sangat bagus untuk kesehatan mata, sebab sertifikasi tersebut menandakan bahwa layar yang digunakan minim radiasi cahaya sinar biru (low blue light) dan juga free flickering.

Convertible 2 in 1

Laptop 2 in 1 berarti punya fungsi touchscreen juga dong. Iya dong kan bisa jadi tablet, laptop ini juga bisa dilipat ke belakang hinga 360°. Sebab itulah dalam penamaannya ada kata Flip yang mewakili salah satu fitur di laptop ini. Kerennya lagi laptop ini tuh bisa digunakan dalam beberapa mode, seperti mode default laptop / clamshell, tent mode (tenda), multimedia mode dan tablet mode.

Nah beberapa insan kreatif pasti punya keluhan saat bepergian, dimana ia harus membawa dua perangkat sekaligus yakni laptop, dan pen tablet/pen display atau tabletnya juga. Tentu terlalu membawa banyak barang akan sangat merepotkan, sebab aku juga merasakannya. Pengen banget gitu kemana-mana nenteng gadget yang bisa di andalkan di keduanya bisa sebagai laptop maupun tablet.

Hadirnya laptop convertible gini tentu menjadi angin segar buat sebagian insan kreatif, termasuk aku. Sehingga tak perlu galau dan repot lagi soal bawa laptop atau tablet.

Fitur touchscreen ini juga di dukung dengan adanya ASUS Pen yang tentunya menjadi daya pikat tersendiri untuk aku sebagai desainer yang sedang belajar gambar komik. Sebab setiap belajar lihat tutorial di youtube, banyak komikus profesional yang menggambar langsung di layar, baik melalui tablet maupun pen display.

ASUS Pen

Stylus pen dari asus ini punya dua tombol yang dapat di fungsikan untuk klik kanan dan menghapus. Sebab ASUS Pen telah terintegrasi dengan software Windows Ink pada Windows 10 nya. Namum fungsi tombol ini bisa saja berbeda tergantung software apa yang kamu gunakan. Apalagi punya level pressure 4096 dan low latency, sehingga dapat dibilang sangat presisi dan minim delay jadi saat menggores dilayar maka tampilan dilayar akan terasa natural seperti menggoreskan pensil pada permukaan kertas.

asus-zenbook-flip-s-ux371

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern. – ASUS

Selain untuk menggambar komik atau pun ilustrasi hadirnya pen stylus / pen digital ini juga bakal menambah produktivitas seseorang, seperti jika kamu seorang pengajar di bidang matematika atau sains, pasti membutuhkan fitur ini. Sebab mengerjakan soal matematika tak lepas dari coretan hitung-hitungan dan rumus, dengan pena digital tentu akan lebih efisien saat menjelaskan materi kepada murid.

Menurutku gak hanya matematika sih, pelajaran lain juga kadang butuh coret-coretan. Yang pasti dimasa PJJ ini merupakan kebutuhan setiap orang mulai dari guru, pelajar, desainer, ilustrator, komikus, pembicara di sebuah seminar (saat ini webinar) dan beragam keperluan orang yang berbeda-beda.

Fitur snip and sketch juga sangat cocok buat kalian yang suka buat nandain poin-poin penting untuk presentasi atau lainnya.

Daya Pacu Tangguh

Setelah melihat spesifikasi layar yang sangat overkill otomatis pasti punya daya pacu yang tangguh. Sebab gak mungkin layar overkill bisa di jalankan pada prosesor yang spek rendah.

CPU Intel Core 11th Gen “Tiger Lake”

Laptop ASUS ZenBook Flip S UX371 ini telah dibekali CPU intel i7 generasi ke 11 dengan codename “Tiger Lake”. Aku pernah lihat sebuah postingan lucu yang membandingan prosesor i7 generasi lama dengan generasi ke 11, wow dan ternyata kelasnya itu beda jauh bos. Dari segi performa dan kecepatannya aja. memang kalau di lihat i7 itu termasuk seri yang paling tinggi satu tingkat dibawah i9.

GPU Intel Iris Xe

Sepertinya kalian juga baru dengar nih GPU Iris Xe, sama nih aku juga. Meskipun ia termasuk integrated GPU, tapi dari segi performa grafis juga bisa di andalkan lho. Tapi untuk software pengolah grafis yang terlalu berat sepertinya GPU ini masih kewalahan. Jika di ambil contoh GPU discrete graphics yang terkenal, Intel Iris Xe ini di atas Nvidia GeForce MX 350.

Mampu menjalankan beberapa software editing seperti Adobe Premier 2020, Adobe After Effect, Adobe Ilustrator, Blender 3D dan bisa juga diajak main game populer yang di rekomendasikan seperti DOTA 2,CS : GO, Genshin Impact, PES 2021, GTA V, F1 2020, Shadow of The Tomb Raider, The Witcher 3, PUBG, dan Fortnite. Tapi kalau untuk game jangan berharap lebih karena ini bukan laptop gaming yang rata kanan lho ya.

tes-game-fps-jagat-review
Hasil Uji 10 Game yang di jalankan pada GPU Intel Iris Xe
sumber : Youtube Channel Jagat Review

Laptop ZenBook ini memang khusus diperuntukan bagi insan kreatif agar dapat meningkatkan kreativitas nya dan tidak di peruntukkan untuk gamer akut. Cocok banget deh buat aku nih yang butuh sesekali refreshing main game agar lebih banyak ide serta inspirasi yang muncul.

Storage SSD 1 TB NVMe

Laptop modern saat ini sudah wajib hukumnya menggunakan teknologi SSD, sebab tanpa SSD sekencang apapun CPU nya pasti akan lemot juga kalau storagenya bukan SSD. Sebab itulah semakin kencang SSD harganya juga semakin mahal.

SSD pun kini sudah terbagi beberapa varian sesuai bentuk, socket dan slot yang digunakan, mulai dari SSD 2,5″ SATA, SSD mSATA, SSD M.2 SATA, dan SSD M.2 NVMe PCIe. Saat ini SSD yang memegang rekor paling kencang adalah NVMe yaitu . Nah sudah kebayangkan betapa kencangnya storage yang disematkan pada ZenBook UX371 ini.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.- ASUS

Secara durability juga SSD punya daya tahan yang baik melebihi HDD, karena bentuknya yang hanya terdiri dari chip kecil yang di tempel pada sebuah papan pcb. Lebih hemat daya, namun harganya relatif mahal. Tahan goncangan maupun benturan beda dengan HDD yang rawan getaran dan benturan sebab masih menggunakan piringan cakram sebagai media penyimpanan datanya.

Design Mewah

Beralih dari segi design. Kesan pertama saat lihat desain body laptop ini benar-benar mewah. Kesan premium laptop mahal sangat terasa saat menyentuh body laptop ini. Semuanya terbuat dari bahan metal alluminium alloy, namun tetap ringan dan kokoh. Dari bagian atas cover laptop terlihat patern lingkaran yang mengelilingi logo asus. Perpaduan antara warna dasar jade black dan list red copper serta dengan edge diamond

Ohya desain frame layarnya yang nano edge display yaitu bingkai kiri kanan yang super tipis, namun bingkai atas bawah agak sedikit tebal hal ini di sebabkan terdapat camera 720p yang punya Infra Red yang terintegrasi dengan Windows Hello. Jadi dari sisi keamanan laptop ini cukup bisa di andalkan berkat software Windows Hello. Kualitas kameranya pun sangat bisa di andalkan walaupun dalam kondisi minim penerangan.

Laptop ini punya body yang tipis dan dari namanya tersemat kode “S” pada ZenBook Flip S UX371 yang mewakili kata slim sebab laptop ini punya ketebalan 13.9 mm. Punya tagline unik yaitu Slim, Light dan Sleek. Yang mana kata light mewakili bobot nya yang ringan hanya 1.2kg saja pastinya cukup nyaman saat di bawa bepergian dan tidak bikin punggung kamu pegal. Dan kata sleek mewakili bodynya yang terbuat dari aluminium alloy dengan tekstur yang halus sehingga terkesan premium, mewah dan elegan.

Input Output Modern

tampilan full zenbook flip s

Keyboard

Dari sisi keyboard menggunakan khas ZenBook yaitu keyboard berjenis chiclet dengan Edge-to-Edge Keyboard, artinya keyboard memenuhi lari dari sisi kiri ke sisi kanan. Dengan travel key 1.35mm masih sangat nyaman saat dipakai untuk mengetik.

Apalagi sudah dilengkapi dengan backlight putih dengan 3 tingkat kecerahan. Pastinya sangat mendukung saat dipakai ngetik di kondisi minim penerangan

Touchpad

Touchpad nya lebar dan luas dan berada pas di tengah tengah palmrest, punya fitur palm rejection, yang berguna agar pada saat tangan tak sengaja menyentuh touchpad saat mengetik maka kursor tidak akan bergerak. Fitur semacam ini berguna banget untuk aku yang sering mengetik artikel blog.

Serta di lengkapi juga fitur Numberpad 2.0 yang bisa diaktifkan dengan menyentuh icon di pojok kanan atas touchpad, yang merupakan angka digital yang muncul pada layar touchpad, punya 3 tingkat kecerahan yang dapat di atur dengan menyentuh icon di pojok kiri atas touchpad.

Fitur Numberpad 2.0 ini cocok untuk akuntan yang sering berhadapan dengan angka-angka.

Port

Untuk segi port i/o aku sebenarnya agak kurang cocok, sebab masih banyak menggunakan port usb. Tapi ASUS mempertimbangkan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin menghilangkan fungsi kabel. Sebab beberapa ilmuwan menyatakan dimasa depan nanti semua teknologi nirkabel bakal mempengaruhi kehidupan dari segala aspek. Dan juga semakin tipis sebuah perangkat, pasti sulit menyediakan port yang lebih banyak.

Tapi tenang, walaupun demikian jika butuh port usb tambahan, kalian bisa gunakan hub port type-c yang sudah banyak dijual di pasaran. Port yang tersedia pada ZenBook Flip S yaitu, HDM, USB A Gen 3.2, Thunderbolt 4. ASUS memberikan bonus converter tambahan dengan konektor type-c untuk audio jack 3.5mm dan konektor usb untuk converter ethernet. Atau jika punya gadget wireless bisa dihubungkan dengan bluetooth 5.0 atau Wi-Fi 6 yang super cepatnya.

Nah bagian paling unik disini adalah tombol powernya yang berada di samping berdekatan dengan port usb. Perubahan kecil semacam ini pada awalnya mungkin agak aneh. Tapi saat laptop di ubah ke mode tablet, baru paham kenapa ASUS meletakkan posisi tombol power disitu. Jadi secara gak langsung kamu memang lagi megang tablet beneran bukan laptop 2 in 1 hehehe.

Audio Harman / Kardon

Nah kalau ini aku suka banget nih, sebagai penikmat musik yang jedag jedug kualitas suara laptop ini cukup mencengangkan. Sebab suaranya jernih namun bassnya nendang banget. Memang sih kolaborasi dengan penghasil produk audio terbaik yaitu Harman / Kardon ini patut di acungi jempol. Nah kebayangkan gimana serunya menikmati konten entertainment di laptop ini, sudah layarnya jernih kualitas suaranya juara pulak. Memang terbaeklah ASUS. (bayangin boboiboy ngacung jempol wkwk)

Microphone ClearVoice

Fitur ini merupakan Noise Cancelling di My ASUS yang mana saat di nyalakan suara yang mengganggu di background seperti suara anak kecil, suara musik. Nah adanya fitur ini sangat menarik sebab sangat cocok untuk aku dan juga kalian yang sering mengikuti webinar atau buat kalian yang sedang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun work form home.

Fitur ini tentu sangat berguna banget jika kondisi di sekitar ruangan kalian memang berisik penuh dengan suara-suara yang mengganggu. Contohnya saja seperti suara mesin proyek pembangunan di area rumah kalian atau suara kendaraan yang lalu lalang, kan suara berisik seperti itu di luar kendali kita, nah berkat teknologi noise cancelling ini teknologi AI yang tersemat pada software My ASUS ini pasti bisa mengurangi bahkan menghilangkan suara berisik tersebut.

Punya Sertifikasi Resmi

sertifikasi

Intel Evo

Sertifikasi ini diberikan oleh intel untuk laptop yang punya spesifikasi dan performa seperti berikut ini :

  • Sangat responsif
  • Instant awake kurang dari 1 sec
  • Daya Tahan Baterai yang lebih dari 9 jam di resolusi layar minimal FHD
  • Fast charging dimana setelah di isi daya selama kurang lebih 30 menit mampu bertahan hingga 4 jam saat digunakan kembali di resolusi layar minimal FHD
  • Konektivitas kelas terbaik yaitu Wi-Fi 6 (Gig+) dan Thunderbolt 4

Pantone

Seperti yang aku jelaskan sebelumnya sertifikasi dari Pantone Validated ini menyatakan bahwa layar yang digunakan pada ZenBook Flip S memiliki reproduksi warna hingga DCI-P3 hingga 100% atau 133% sRGB. Jadi selain reproduksi warna yang luas, akurasi warnanya juga tepat.

Vesa HDR

Sertifikasi ini diperoleh dari layar yang digunakan pada Zenbook Flip S yakni panel OLED dengan resolusi UHD alias 4K.

TÜV Rheinland

Sertifikasi dari TÜV Rheinland adalah khusus untuk flicker free dan low blue light. Artinya, layar ZenBook Flip S (UX371) aman untuk kesehatan mata sebab memiliki layar yang minim emisi gelombang cahaya biru dan tidak menghasilkan efek flicker. Sertifikasi tersebut menandakan bahwa layar ZenBook tidak akan membuat mata si pengguna mudah lelah karena terpapar gelombang cahaya biru yang berlebihan. Jadi laptop ini aman dan cocok untuk kalian menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

Standar Militer MIL-STD 810G

Sertifikasi ini diperoleh ASUS ZenBook Flip S karena punya daya tahan yang kuat sehingga bisa lolos dari berbagai serangkaian pengujian yang mencakup pengujian yang lebih lama untuk bekerja di lingkungan yang ekstrim. Jadi tak perlu khawatir lagi dengan kemungkinan buruk yang menimpamu saat berpergian membawa laptop, termasuk kondisi hujan, penanganan barang yang buruk (tas dibanting) dan lain sebagainya.

ASUS Perfect Warranty VIP

Selain memberikan layanan garansi global selama 2 tahun yang bisa kamu klaim di mana saja pada program ASUS Perfect Warranty. ASUS juga menghadirkan program ASUS Perfect Warranty VIP. Dimana program ini seharusnya berbayar, namum khusus pembelian produk laptop ROG & ZenBook per tanggal 1 maret 2021. Pelanggan akan mendapatkan layanan VIP ini secara gratis.

asus vip perfect warranty

Kelebihan dari program ASUS Perfect Warranty ini adalah kerusakan akibat kelalaian pengguna biaya servisnya hingga sparepart akan ditanggung 100% oleh ASUS jika di bandingkan dengan program non-VIP yang hanya mengcover 80% biaya servis. Keberanian ASUS ini membuktikan bahwa produk yang mereka tawarkan memang berkualitas premium. Bukan hanya itu saja, dengan ada program VIP ini pelanggan akan mendapat layanan prioritas saat melakukan proses klaim garansi.

Perlu di ingat program ini hanya berlaku untuk setiap produk yang diimpor oleh distributor resmi di Indonesia. Dan hanya bisa diklaim di Authorized ASUS Service Center dan ASUS Service Partner di Indonesia. Pastikan jangan salah lho ya.

Spesifikasi Lengkap dan Harga

Spesifikasi UtamaASUS ZenBook Flip S (UX371)
CPUIntel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Sistem OperasiWindows 10 Home
Memori RAM16GB LPDDR4X
Penyimpanan1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Tampilan Layar13.3″ (16:9) OLED 4K UHD (3840 x 2160), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
GrafisIntel® Iris® Xᵉ Graphics
Input/Output1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
KameraHD camera with IR function to support Windows Hello
KonektivitasIntel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioSonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Baterai67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm
Bobot1.20 kg
WarnaJade Black (lis copper)
HargaRp24.999.000
Garansi2 tahun garansi global + 1 tahun pertama garansi VIP*
(*setiap pembelian unit seri ZenBook & ROG per tanggal 1 maret)

Kesimpulan

Setelah melihat spek ZenBook Flip S UX371 ini rasanya pengen cepat-cepat meminangnya deh. Artinya aku harus kerja keras lagi, dan lebih semangat membuat karya walau masih menggunakan perangkat seadanya, demi perangkat idaman semua horang kaya nih.

Semoga penjelasanku sedikit tentang ASUS ZenBook Flip S (UX371) tersebut dapat menambah wawasan kalian mengenai laptop, terutama yang memang lagi butuh cari laptop yang punya spesifikasi yang mumpuni.

Jadi ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini sangat cocok untuk pekerja digital di bidang kreatif, seperti komikus, ilustrator, desainer grafis, fotografer, dan video editor, dengan layar OLED beresolusi 4K serta reproduksi warna yang luas dan akurasi warna yang melebihi standar.

Namun jika kalian gamer yang ingin performa lebih, laptop ini kurang cocok. Sebab laptop ini memang bukan diperuntukan buat para gamers, namun lebih kepada insan kreatif. Kalau untuk entertaiment laptop ini lebih dari cukup sebab punya layar jernih dan tajam serta punya kualitas audio yang sangat premium dari harman/kardon.

Mengusung konsep convertible laptop ini memang sangat cocok untuk di ajak bepergian. Jadi tetap bisa bekerja dimanapun saat sedang dibutuhkan dengan membawa perangkat Convertible dari ASUS ini. Bobotnya yang ringan serta bodynya yang tipis tentu akan menambah experience traveling kalian serta mendukung kalian yang punya mobilitas yang tinggi.

disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

Referensi :

  • Website Official Asus Indonesia – https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ZenBook/ZenBook-Flip-S-UX371-11th-Gen-Intel
  • Materi Press Rilis ASUS ZenBook Flip S UX371
  • Youtube Channel Jagat Review

Grafis :

  • Asset yang disediakan panitia – http://bit.ly/asset-ux371
  • Olah Grafis & GIF : Wahyu Eko Cahyanto

Setiap perkataan adalah doa, oleh sebab itu ucapkan lah kata yang baik-baik

“Aku yakin pasti bisa”

Wahyu Eko Cahyanto

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko Cahyanto

Wahyu Eko Cahyanto

Seorang yang mengaku dirinya Blogger, Runner dan Designer.