bangeko.my.id

idul adha 1442 h

Rayakan Idul Adha 1442 H, Astra Motor Kalbar Berbagi Hewan Kurban

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H bagi muslim di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Salah satu ibadah yang di lakukan oleh umat islam pada hari idul adha adalah dengan menyembelih hewan qurban dan membagikannya kepada sesama muslim. Pemotongan hewan qurban sebagai bentuk peringatan atas mukjizat yang di terima Nabi Ibrahim AS tatkala mendapat perintah oleh Allah SWT untuk menyembelih putra tersayangnya satu-satunya yaitu Nabi Ismail AS.

Berqurban di anjurkan untuk siapapun muslim yang punya kemampuan untuk menunaikannya. Sebab qurban salah satu jalan sekedah yang tinggi levelnya terutama soal pahala dan kebaikannya. Beberapa hewan yang di perintah agar boleh disembelih untuk ibadah kurban yaitu sapi, kambing, domba, kerbau, maupun unta. Hal ini lah yang menjadikan Idul Adha disebut juga dengan Hari Raya Kurban. Sebutan lain pun di sematkan bagi hari besar umat Islam ini, yaitu Lebaran Haji. Lantas, mengapa Idul Adha disebut dengan Hari Raya Qurban atau Lebaran Haji?

Sejarah Idul Adha

Qurban atau kurban berasal dari awal mula pengorbanan Nabi Ibrahim saat Idul Adha, Allah memerintahkan kepada muslim untuk melakukan ibadah kurban bagi yang mampu melaksanakannya. Perintah tersebut juga tertulis dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

(QS Al-Kautsar (108):1-2)

Penyebutan Idul Adha sebagai Hari Raya Kurban sebenarnya tidak lepas dari kisah Nabi Ibrahim ,Abul Anbiya, atau Bapaknya para Nabi yang telah melaksanakan pengorbanan atas perintah dari Allah SWT.

Sebelum kisah pengorbanan tersebut. Nabi Ibrahim menanti dikaruniai seorang anak sejak lama yang diberi nama Ismail, yang mana nantinya menjadi salah satu nabi bagi umat Islam. Ketika Nabi Ismail beranjak remaja, Nabi Ibrahim mendapatkan Wahyu dari Allah SWT yang berisi perintah untuk menyembelih putranya sendiri yaitu Nabi Ismail. Nabi Ibrahim adalah orang yang patuh, dia menaati perintah Allah SWT meski harus mengorbankan anak yang telah lama dinantikannya. Allah SWT berfirman dalam Surah An Nahl ayat 120 yang artinya:

“Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang Imam (yang dapat dijadikan teladan), qaanitan (patuh kepada Allah), dan hanif, dan dia bukanlah termasuk orang musyrik (yang menyekutukan Allah),”

Wahyu tersebut pun ia sampaikan kepada anaknya, Nabi Ismail, sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an surat Ash Shaffat ayat 102, yang artinya:

“Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku sedang menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!”, Ismail menjawab: Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”

Melihat ketakwaan Nabi Ibrahim dan putranya Ismaill, Allah SWT menunjukkan kekuasaannya dengan mengganti Nabi Ismail dengan domba. Itulah asal-muasal sunah kurban yang dilaksanakan umat Islam setiap Hari Raya Idul Adha atau yang disebut juga Hari Raya Kurban.

Mengapa Idul Adha disebut Lebaran Haji?

Selain Hari Raya Kurban, Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji, karena sejak 9 Dzulhijjah, umat Islam yang menunaikan ibadah Haji sedang melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Wukuf merupakan ritual haji yang mengajarkan umat Islam untuk meninggalkan aktivitasnya sejenak agar dapat merenungkan diri, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim setelah menerima perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail. Bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk melakukan ibadah puasa Arafah pada tanggal yang sama, yaitu 9 Dzulhijjah, yang mana keutamaannya dapat menghapus dosa untuk dua tahun (setahun sebelum dan setahun yang akan datang).

Astra Motor Kalbar Berbagi Hewan Kurban

Bertepatan dengan Hari Idul Adha yaitu pada 20 Juli 2021 Astra Motor Kalbar menyerahkan empat ekor kambing untuk pada hari Idul Adha di beberapa Masjid yaitu Masjid As Salam, Masjid At Tawwabin, dan Masjid At Taq. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara langsung oleh perwakilan Astra Motor Pontianak kepada pengurus Masjid di sekitar perusahaan.

Dengan menyerahkan empat ekor kambing dari Astra Motor Kalimantan Barat kepada perwakilan Masjid agar Qurban tersampaikan dengan baik ke masyarakat. Masyarakat dapat mendapatkannya di Masjid As Salam, Masjid At Tawwabin, dan Masjid At Taq.

hewan kurban astra motor kalbar

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan penyerahan empat ekor kambing bertujuan untuk Qurban pada hari Idul Adha “Kami Astra Motor Kalimantan Barat melakukan penyerahan Hewan Qurban dengan tujuan membantu masyarakat sekitar dalam hari Idul Adha”, Tuturnya.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko C.

Wahyu Eko C.

Blogger pemula yang hobi nonton drakor, lari, desain dan gambar