bangeko.my.id

beli mobil bekas

Kiat Sebelum Membeli Mobil Bekas

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Peminat barang bekas ternyata masih banyak lho. Soalnya mereka bisa memiliki barang yang di inginkan dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang gak kalah dengan barang baru. Barang bekas apapun yang masih layak pakai punya nilai tersendiri. Sehingga sebagian orang ada yang jual beli mobil bekas. 

Membeli mobil bekas memang menjadi solusi alternatif bagi yang seseorang yang ingin memiliki kendaraan pribadi, namun punya dana yang terbatas. Harga mobil bekas yang dijual di pasaran saat ini pun cukup bervariasi, dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah, tergantung kondisi dan tahun pembuatan mobilnya. 

Agar tidak salah dalam membeli mobil idaman, sebaiknya kamu sebagai calon pembeli juga memperhatikan beberapa hal agar tidak salah dalam membeli mobil idaman. Jangan sampai mobil yang dibeli justru malah menguras kantong untuk biaya perawatan dan perbaikan yang berlebih. Niatnya pengen hemat kok malah harus keluar biaya lagi, kan rugi bro.

Apalagi sekarang sudah mendekati lebaran, jadi pasti orang banyak yang membutuhkan mobil untuk mudik lebaran.

Mengutip dari otomotif.kompas.com, yang telah melakukan wawancara dengan Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan terkait sejumlah tips kepada pemula yang ingin membeli mobil bekas agar tidak salah pilih.  Berikut beberapa tips dan kiat memilih mobil bekas 

1. Cari showroom dengan stok mobil banyak 

Dengan banyaknya pasokan mobil di sebuah showroom tentu akan semakin memberikan banyak pilihan bagi calon pembeli. Menurutnya calon pembeli juga harus bawel untuk bertanya, sebab semakin banyak kalian bertanya maka akan semakin tahu mengenai mobil itu. Dan usahakan tidak hanya mendatangi satu showroom saja hal ini tentu dilakukan agar dapat membandingkan dari segi harga, kualitas barang maupun pelayanan spesial.

Untuk daerah jakarta kalian bisa melalukan pencarian secara online maupun offline. Misalnya saja dengan mengetikkan katakunci mobil bekas jakarta. Atau bisa juga dengan mengetik jual beli mobil bekas jakarta. Atau tinggal klik saja langsung di kedua kata tadi.

2. Test drive 

Saat ingin membeli mobil bekas, sangat disarankan untuk mencobanya secara langsung atau test drive. Dengan mencobanya secara langsung, maka kalian sebagai calon pembeli bisa mengetahui kondisi mobil saat dikendarai. 

3. Bawa ahli 

Jika kalian baru pertama kali membeli mobil atau terbilang pemula yang belum terlalu paham mengenai mesin mobil. Sangat disarankan untuk membawa serta seorang ahli yang mengetahui mengenai mesin kalau kalian punya saudara atau teman yang mengerti hal tersebut manfaatkan lah mereka bro, hehehe. 

Tapi akan lebih meyakinkan jika kalian membawa seorang mekanik, sebab dengan keahlian yang mereka miliki, mereka pasti bisa mendeteksi kondisi mobil bekas yang jika nantinya ada kerusakan atau kekurangannya. 

4. Ketahui sejarah perawatannya 

Meskipun mobil bekas namun jika pemilik sebelumnya melakukan perawatan yang bagus secara rutin, kondisi mobil tersebut akan tetap baik. Kondisi mobil bekas yang bagus juga tidak bergantung pada berapa jauh jarak yang sudah pernah ditempuh, yang terpenting adalah perawatannya. Semakin bagus perawatan dan di lakukan rutin juga akan semakin baik kondisi mobilnya.

5. Cek Kelengkapan surat 

Kelengkapan surat-surat kendaraan yang akan dibeli juga mesti diperiksa. Saat ini pengecekan keabsahan surat-surat tersebut bisa melalui aplikasi online yang bisa dengan mudah diakses.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko Cahyanto

Wahyu Eko Cahyanto

Seorang yang mengaku dirinya Blogger, Runner dan Designer.