bangeko.my.id

memilih mobil bekas berkualitas

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Pada blogku yang satunya, telah membahas tips sebelum beli mobil bekas. Nah tulisan kali ini merupakan kelanjutan dari materi tersebut. Yang mana bahasan sebelumnya dibahas tentang agar memperhatikan dulu hal-hal yang bakal menghidari keuanganmu boncos sebelum memutuskan membeli mobil bekas.

Yakni perhatikan agar sesuai bujet, dokumen lengkap, Hindari Membeli Secara Kredit, Over Kredit di Jalur yang Benar. baca di https://www.bangekoo.my.id/2021/04/tips-beli-mobil-bekas.html

Jeli Mengecek Kondisi Mobil

Sebegai pembeli, kita pun wajib jeli saat mengecek kondisi mobil, berikut ini beberapa hal yang akan membantu kamu mendapatkan mobil bekas berkualitas.

1. Catatan Servis Lengkap

Selain kelengkapan dokumen, satu hal ini penting untuk ditanyakan jika ingin tahu mobil berkualitas adalah catatan servis kendaraan tersebut. Apakah pemilik sebelumnya rutin servis mobil? Jika iya, apakah ada catatan servisnya?

Kita bisa tahu kondisi mobil bagus atau tidak hanya dari kelengkapan service recordnya. Catatan tersebut ibarat bukti perkataan pemilik tentang perawatan mobil yang baik. Karena mobil yang dirawat secara rutin, pastinya mobil akan memiliki performa dan kondisi yang lebih prima. Kalaupun ada, usahakan memiilih mobil yang selalu diservis di bengkel resmi, sehingga kalian juga bisa memastikan keaslian odometer mobil incaran kamu.

Wajib curiga jika mobil incaran kamu punya odometer kecil namun tahunnya termasuk tua. Misal kilometer 5000 an tapi tahun mobil sudah 5 tahun lalu.

2. Waspada Mobil Harga Miring

Jangan pernah tergiur dengan harga mobil yang terlalu rendah, kamu juga wajib curiga. Sebab sebuah pepatah “ada rupa ada harga” itu juga berlaku saat kalian membeli mobil bekas. Bukan berarti orang yang jual mobil bekas di surabaya dengan harga murah mobil nya tidak berkualitas, belum tentu juga kan.

Maksud kalimat tadi adalah agar kalian sebagai calon pembeli selalu berhati-hati apalagi harga yang ditawarkan jauh di bawah pasaran. Biasanya mobil bekas yang dijual dengan harga murah merupakan mobil bekas kecelakaan dan banjir.

3. Periksa Aksesoris dan Interior

Pada bagian interior mobil, ada sejumlah komponen interior yang perlu dicek fungsi nya. Diantaranya seperti AC, sistem audio, dan switch lampu. Pastikan semua fitur bekerja dengan baik seperti fitur sabuk pengaman.

Saat memeriksa kondisi interior mobil. Coba kalian duduki jok depan dan belakang dan apakah masih terasa nyaman, periksa juga kondisi dashboard, plafon dan karpet. 

Jika interior bau apek, ini bisa jadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah kena banjir. Tapi biasanya mobil bekas yang dijual di showroom sudah di bersihkan baik interior maupun eksteriornya.

4. Cek Body Mobil

Setelah memeriksa interior, eksterior mobil juga wajib di cek secara menyeluruh. Komponen yang bisa di cek seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil, apakkah masih orisinil atau tidak. Periksa juga kondisi cat mobil, apakah ada belang bekas tabrakan atau tidak.

Paling penting untuk di periksa adalah struktur kerangka mobil. pastikan chassis atau rangka mobil masih dalam keadaan prima, tak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

5. Pastikan Kondisi Mesin

Saat memeriksa kondisi mesin mobil cara paling mudah mengidentifikasinya adalah mobil mudah di-starter, suara mesin tidak kasar. Jika kedua hal tadi tidak memenuhi, maka pikirkan kembali niat membeli mobil tersebut. Cek juga apakah ada kebocoran pada komponen mesinnya.

Kualitas mesin mobil akan lebih terasa saat di tes langsung di jalan raya. Maka perlu untuk test drive saat membeli mobil baru maupun mobil bekas. Komponen seperti rem, transmisi dan kaki mobil juga patut di perhatikan saat menguji kenyamanan berkendara mobil tersebut.

Dari kelima poin di atas, agar kalian lebih yakin dengan mobil bekas incaran kalian pastikan kalian membawa teman yang ahli dalam masalah mobil, atau membawa teknisi mobil yang handal saat memeriksa kondisi interior maupun eksterior mobil, terutama tentang performa mobil. Pastinya mereka lebih paham.

Pastikan pajak hidup

Beberapa mobil bekas yang dijual murah biasanya karena telat pajak. Meskipun murah apakah kalian siap untuk membayar pajak sekaligus dendanya nanti? Selain membayar pajak beserta dendanya pikirkan juga biaya perbaikan yang muncul? Pastinya malah membuat pengualaran kamu lebih besar loh.

Tapi tak ada salahnya kalian menghitung dulu berapa pengeluaran denda pajak nya dengan 

Perhitungan = Biaya PKB x 25% x (jumlah bulan keterlambatan)/12.

Apalagi jika mobil masih dalam keadaan kredit. Pastikan cari yang tidak memberatkan kalian. Misalnya kalian berdomisili di surabaya ingin mencari kredit mobil bekas surabaya dp ringan. Klik saja link tersebut, semoga membantu 

Asuransi

Menurut ini juga penting memilih mobil yang dilindungi oleh asuransi. Asuransi bisa melindungi risiko yang tidak di inginkan. Asuransi mobil jenis all risk dan total lost only (TLO) sangat di sarankan sebab All risk bakal menanggung apapun risiko yang terjadi, termasuk lecet di bagian badan, asal sesuai dengan aturan yang berlaku. Sedangkan jenis TLO hanya menanggung biaya ketika mobil hilang atau mengalami kerusakan hingga rusak total yang nilainya mencapai 75 persen dari harga kendaraan.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko C.

Wahyu Eko C.

Blogger pemula yang hobi nonton drakor, lari, desain dan gambar