bangeko.my.id

Lender di Akseleran bantu UMKM Indonesia

Jadi Lender di Akseleran Bisa Bantu UMKM

Di masa pandemi UMKM Indonesia menjadi garda terdepan dalam pemulihan ekonomi nasional. Meskipun UMKM juga termasuk salah satu sektor yang terpuruk yang mungkin bisa disebabkan kurangnya faktor pendanaan. Oleh karena itu permodalan/pendanaan menjadi suatu hal yang penting saat menjalankan bisnis seperti UMKM.

Sehubungan dengan pendanaan, kali ini aku ingin berbagi informasi tentang salah satu platform yang mempertemukan para pemilik dana dengan calon peminjam. Jadi dengan adanya informasi ini kita bisa berkontribusi dalam membantu pemulihan ekonomi nasional khususnya membantu agar UMKM Indonesia mampu bertahan dimasa sulit seperti saat pandemi ini.

Tentang Akseleran

Nah, seperti yang aku informasikan sebelumnya di atas. Aku akan memperkenalkan Akseleran. Akseleran adalah sebuah perusahaan rintisan (startup) yang berdiri sejak tahun 2017 yang fokus pada layanan teknologi keuangan. Sebagai Fintech Peer to Peer (P2P) Lending , Akseleran telah berizin resmi serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga kamu tak perlu khawatir soal penipuan online karena ini juga bukanlah pinjaman online.

Sebelumnya aku juga pernah menulis informasi tentang P2P Lending di blog satunya (www.bangekoo.my.id). Agar seimbang di blog ini aku juga menulis terkait hal yang sama. Hanya saja berbeda platform namun tujuannya tetap sama yaitu sebagai solusi untuk Pinjaman UMKM.

Cara menggunakan Aplikasi Akseleran

Untuk diketahui Akseleran tidak hanya bisa diakses melalui smartphone baik android maupun IOS. Tapi Akseleran bisa juga diakses melalui websitenya www.akseleran.co.id . Jadi informasi ini bisa bermanfaat baik pengguna ponsel maupun desktop. Karena caranya kurang lebih sama hanya berbeda di ukuran tampilan layarnya saja.

dokumen untuk daftar akseleran
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu mengunduh dan memasang aplikasinya di perangkat ponsel kamu tersedia di playstore dan appstore.
  2. Kemudian buat akun baru, dengan mempersiapkan dokumen berupa e-ktp asli, npwp (jika ada) dan tanda tangan di kertas.
  3. Dokumen tersebut diperlukan untuk verifikasi akun kamu nantinya sebagai lender. Oh iya, saat buat akun baru pasti akan ada pilihan menjadi lender atau calon peminjam (borrower).
  4. Masukan kode referral AKSLWAHYU459422 untuk memperoleh dana sebesar 100.000 sebagai bonus karena telah resmi menjadi pengguna dan lender di akseleran. Setelah resmi menjadi lender, nantinya kamu juga punya kode referral yang bisa dibagikan ke orang lain agar mereka sebagai pengguna baru juga bisa mendapatkan bonus dana 100.000 untuk mulai mendanai.
kode referral akseleran

Tips Mendanai di Akseleran

Uang 100.000 yang kamu dapatkan saat mendaftar menggunakan kode referral tadi tidak bisa dicairkan. Hanya bisa digunakan untuk memberi dana pinjaman UMKM atau perusahaan lain. Dan jika tidak digunakan untuk mendanai maksimal 7 hari setelah mendaftar maka bonus 100.000 tersebut akan hangus. Jadi sebisa mungkin memanfaatkan kesempatan tersebut gaes.

Karena Akseleran diawasi oleh OJK, jadi kalian tidak perlu khawatir jika peminjam dana gagal membayar angsuran. Apalagi sudah tersedia asuransi untuk lender dan agunan yang akan menjadi jaminan. Ketika peminjam dana tidak dapat membayar uang lender, maka agunan tersebut akan di eksekusi untuk dilelang/ dijual oleh pihak akseleran. Dan uang hasil lelang/jual tersebut akan dibayarkan lagi ke semua lender yang terlibat.

Gunakan Rekening BCA. Alasan utamanya karena pihak Akseleran hanya menggunakan rekening BCA saat pengguna melakukan deposit. Sehingga jika kalian menggunakan rekening selain BCA maka pasti akan terkena biaya admin transfer sejumlah 6.500. Manfaat lain dari rekening BCA adalah kita bisa memanfaatkan fitur auto lending, karena nantinya kita dibuatkan Rekening Dana Lender (RDL) di akun BCA kalian

Alasan Kenapa Harus menjadi Lender di Akseleran

alasan menjadi lender Akseleran

Beberapa poin berikut ini yang membuat aku membuat pertimbangan dan akhirnya memutuskan menjadi lender di P2P Lending Akseleran, alasannya antara lain :

1. Legalitas Jelas

Selain sudah terdaftar resmi berizin serta diawasi oleh OJK. Akseleran juga merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Akseleran juga mengantongi sertifikasi oleh ISO27001 full scope sehingga dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen

2. Review Positif

Setiap akan mencoba sesuatu yang baru aku selalu melihat review pengguna lain. Jika banyak review positif maka aku menjadi lebih yakin dengan hal baru yang aku coba nantinya. Review positif pun banyak aku temukan dari pengguna Akseleran baik di artikel blog maupun video youtube.

3. Fitur Auto Lending

Fitur ini sangat berguna jika kamu yang ingin mengembangkan dana secara terus menerus di Akseleran. Karena fitur auto lending ini berfungsi untuk memutar hasil dana yang sudah dikembangkan akan dipakai Kembali untuk diberikan pinjaman. Sehingga dana pokok yang sudah dialokasikan beserta bunga yang sudah cair akan terus berkembang.

4. Laporan Keuangan Rinci

Seperti penjelasan sebelumnya, aku sudah menyarankan untuk menggunakan rekening BCA. Karena memang di Akseleran rekening dana lendernya memang bekerja sama dengan bank BCA. Sehingga laporan dana dari akun Alseleranmu tiap bulannya akan terperinci lebih lengkap. Mulai dari penambahan dana, jumlah pinjaman yang cair, jumlah pinjaman yang diberikan dan berapa pinjaman yang masih aktif, serta masih banyak lagi.

5. Anti Gagal Bayar

Terkait hal ini juga telah dibahas di poin tips mulai mendanai di Akseleran. Dimana kamu tak perlu khawatir lagi jika peminjam mengalami gagal bayar. Karena tersedia fitur Asuransi dan Agunan. Jadi pastikan setiap memberikan pinjaman dana, kamu harus membaca lebih detail tentang informasi si peminjam apakah ada agunan serta asuransi

Sebab untuk pinjaman berlogo asuransi maka ketika terjadi gagal bayar uang kamu masih akan dikembalikan sejumlah dana yang diasuransi, yaitu 99% dari pokok pinjaman tertunggak.

6. Kalkulator Finansial

Fitur ini tersedia di aplikasi maupun di website. Fungsinya untuk membantu pemilik dana (lender) untuk mengetahui seberapa hasil yang bisa di dapatkan. Menariknya apabila fitur Auto Lending aktif maka hasil akan jauh lebih tinggi dari perhitungan kalkulator.

7. Nominal Pendanaan Bebas

Terkait nominal bebas ini, maksudnya adalah dana yang bisa kamu pinjamkan tidak baku harus kelipatan 10.000 maupun 100.000. Dengan memasukkan angka ganjil seperti 101.101 pun kamu bisa menggunakan angka tersebut untuk mendanai. Dengan catatan deposit kalian mencukupi yah hehehe 🙂

Kesimpulan

Semoga dengan menjadi lender di Akseleran bisa membantu UMKM dan mengembangkan uang. Mungkin sekilas mirip menanam saham ya gaes. Apalagi bonus saldo Rp 100.000,- menanti untuk pengguna baru jika menggunakan kode AKSLWAHYU459422 saat pendaftaran.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko C.

Wahyu Eko C.

Blogger pemula yang hobi nonton drakor, lari, desain dan gambar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *