bangeko.my.id

Inilah Transformasi Toyota Alphard, Mobil MPV Mewah Terlaris

Transformasi Toyota Alphard, MPV Mewah Terlaris – Toyota Alphard merupakan MPV besar nan mewah lahir pertama kali pada 2002 di jepang. Dengan mengandalkan desainnya yang mengotak menarget pasarnya di Jepang untuk yang memang doyan van boxy. Di sisi lain Alphard yang dipasarkan di luar Jepang pun ternyata mendapat sambutan baik. Beberapa pasar luar jepang yang menjual Alphard di antaranya ada, Singapura, Hong Kong Malaysia dan tentu saja Indonesia. Tak terasa kini Alphard sudah hidup mencapai tiga generasi, dengan tiap generasi selalu mendapat penyegaran, baik dari segi desain maupun kelengkapan.

Menariknya Alphard secara umum punya beragam pilihan mulai dari 7-seater dan 8-seater serta dengan opsi mesin 2,4 liter dan 3,0 liter. Pada generasi kedua, Alphard menawarkan pilihan baru dengan opsi mesin V6 3,5 liter. Alphard juga terbagi dalam beberapa varian yaitu G, V dan Hybrid. Varian hybrid ini bukan sepenuhnya melainkan masih semi hybrid. Di sektor penggerak Alphard juga punya pilihan yaitu penggerak roda depan maupun empat roda AWD.

Generasi Satu (2002 – 2008)

Alphard-2002-2008

Kelahiran Alphard di Jepang mengancam keberadaan Nissan Elgrand dan Honda Elysion. Pada Alphard generasi pertama menawarkan spesifikasi mesin 2AZ-FE 4-silinder, 2,4 liter VVT-i bertenaga 160 PS dan torsi 195 Nm. Ada juga pilihan Alpard dengan spek mesin 1MZ-FE V6 3,0 liter dengan output 220 PS dan 310 Nm. Dengan transmisi auto (otomatis) 4-speed atau 5-speed ke penggerak roda depan atau AWD. Dimensi Alphard generasi pertama ini 4.865 x 1.830 x 1.935 mm (PxLxT) dengan jarak sumbu roda 2.900 mm dan bobot sekitar 1.8 ton. Tahun 2005, generasi pertama baru mendapat upgrade di sisi facelift dengan ubahan desain ringan dan pelek alloy 16 atau 17 inci serta menambahkan lini hybrid.

Generasi Dua (2008 – 2015)

Alphard 2008 - 2015

Kelahiran Vellfire merupakan saingan Alphard generasi kedua dengan penampilan lebih sporty. Penampilan Alphard juga diupgrade dengan eksterior lebih elegan dan interior yang semakin mewah. Dari sisi dimensi pun turut berubah dengan jarak sumbu roda bertambah 15 mm serta panjang dan tinggi bodi juga bertambah dibanding generasi pertama. Jenis mesin 2AZ-FE masih setia menemani generasi kedua hanya saja lebih ditingkatkan dari sisi tenaga dan torsi mencapai 170 PS dan 235 Nm. Adapun jenis mesin baru tipe 2GR-FE V6 3,5 liter menyemburkan daya 280 PS dan torsi besar 330 Nm. Punya pilihan transmisi otomatis 6-speed atau CVT 7-speed. Pada 2011 di perkenalkan varian hybrid serta facelift Alphard generasi dua.

Generasi Tiga (2015 – Sekarang)

Alphard-2015-Sekarang

Inilah Alphard sering kita lihat di jalanan saat ini. Dengan versi facelift-nya yang tampak lebih mewah diluncurkan sejak awal 2018. Sepertinya upgrade besar-besaran terjadi pada Alphard generasi ketiga ini mulai dari jenis mesin baru 2AR-FE 4-silinder 2,5 liter dual VVT-i dan 2,5 liter hybrid. Transmisi diupgrade menjadi otomatis 8-speed. Mengusung desain yang semakin modern. Antara Alphard dan Vellfire hanya dibedakan dari sporty yang semakin tipis, sehingga hanya berbeda desain tanpa klasifikasi. Tingkat kecanggihan pun turut meningkat. Begitu juga dengan harga toyota alphard yang banderol cukup tinggi sehingga melekat predikat MPV mewah kebanggaan Toyota. Harga jual mobil bekas alphard pun masih cukup bersaing.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko C.

Wahyu Eko C.

Blogger pemula yang hobi nonton drakor, lari, desain dan gambar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *