bangeko.my.id

Aplikasi siap kerja

Belajar Personal Branding di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Apa Itu Personal Branding?

Personal Branding merupakan cara seseorang dalam “menjual diri” dengan cara memperlihatkan keahlian yang dimiliki beserta pencapaiannya. Personal branding harus dimiliki oleh masing-masing orang, mulai dari pengusaha, graphic designer, penulis, pelukis, tukang gambar, peneliti, programmer, developer, atau bahkan mahasiswa sekalipun.

Pentingnya Personal Branding

Kenapa setiap orang harus punya personal branding? Berikut beberapa alasan pentingnya personal branding.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Orang Lain pada Anda
    Dengan personal branding membuat orang lain lebih mengenal kamu. Meskipun orang lain tersebut belum pernah bertemu sekalipun dengan kamu secara langsung. Hal inilah yang membuat tingkat kepercayaan orang lain pada akan meningkat karena kamu bukan di anggap sebagai orang asing.
  2. Memperkuat Kredibilitas Anda
    Sejalan dengan poin yang pertama, yaitu selain meningkatkan kepercayan orang lain personal branding bisa mempertkuat kredibilitas kamu. Karena mereka bisa dengan mudah melihat berbagai pencapaian kamu.
  3. Membangun Rasa Percaya Diri
    Punya personal branding yang kuat dapat membuat kamu lebih semangat dan maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini disebabkan kalian telah yakin dengan keahlian dan kemampuan yang kalian milik. Dan tidak semua orang punya hal tersebut.
  4. Memperluas Koneksi Anda
    Jaman sekarang yang serba digital ini, melakukan personal branding pun mampu meningkatkan eksposur kalian, lho. Apalagi jika kamu aktif melakukan networking. Dengan koneksi yang luas kalian bisa berjejaring diluar bidang yang kalian geluti sekalipun.
  5. Menunjukkan Diri Anda dengan Apa Adanya
    Memalsukan personal branding di era digital ini bisa dibilang hampir tidak mungkin. Karena rekam jejak kalian pun bisa terlihat dengan mudah. Contohnya sosial media, meski sebagian orang punya sosial media hanya untuk pencitraan. Namun, ada kalanya sifat asli kita bisa terlihat dari kebiasaan di sosial media. Oleh karena itu, personal branding memang lahir dari passion dan nilai-nilai kehidupan yang kamu pegang.

Manfaat Personal Branding

Di era digital ini, kita harus benar-benar memanfaatkan internet untuk personal branding agar memudahkan dikenali oleh orang lain, baik secara personal dan profesional. Di internet orang lain bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaian kamu. Dengan demikian dapat membantu kamu untuk memperoleh kredibilitas, relasi baru, dan bahkan kesempatan baru

Apalagi di jaman ini, HRD, klien, investor, atau calon partner akan mengetikkan nama kalian di kolom pencarian Google dan mengecek apakah jejak digital kalian sesuai atau tidak dengan yang mereka butuhkan.

Personal branding inilah yang bisa meyakinkan mereka bahwa kamu adalah yang terbaik di bidang yang kamu geluti.

Cara Meningkatkan Personal Branding

Berikut ini adalah tujuh tips personal branding utama yang perlu kamu lakukan untuk membangun personal branding di era digital.

  • Tampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio
  • Bagikan Portofolio
  • Buat Website Pribadi
  • Maksimalkan Media Sosial
  • Buat Strategi Konten
  • Bangun Networking
  • Berkolaborasi

Sekilas tentang QuBisa

QuBisa merupakan sebuah platform aplikasi belajar online terpercaya untuk mempersiapkan diri maupun untuk berinovasi di dunia kerja. Fitur yang paling menarik ditawarkaan oleh aplikasi QuBisa adalah sebagai solusi untuk mengembangkan pengetahuan dan soft skill dengan cara belajar gak ribet. Sebab mereka menyediakan berbagai kursus online gratis dan ada pula yang bersertifikat

Dengan menyediakan beragam kursus gratis, tentu memberikan peluang untuk para pelajar, fresh graduate yang akan memasuki tempat kerja, pekerja profesional yang ingin meng-upgrade kompetensi mereka, hingga individu yang ingin menjadi pengusaha untuk sama-sama berlatih meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling.

Semua pengguna di QuBisa bisa memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan skill, penilaian bakat, road map karier, sampai kepada konsultasi masalah karier. Program-program yang ditawarkan oleh QuBisa pun telah dinilai mampu membantu kita lebih menguasai serta meningkatkan kemampuan personal dan berbagai bidang karier. Termasuk berbagai cara meningkatkan personal branding.

Kenapa memilih QuBisa

Di era pandemi mobilitas kita sangat dibatasi, sehingga kesempatan untuk meningkatkan skill secara offline terbilang sangat minim. Namun hadirnya berbagai inovasi termasuk dibidang pendidikan. Tentunya merupakan sebuah kabar gembira bagi kita.

Alasan utama aku memilih aplikasi QuBisa yaitu Gratis. Kalian dapat belajar lewat video pendek dan modul materi dan bisa di akses tanpa batas baik melalui aplikasi QuBisa maupun melalui websitenya. Belajar apapun dimana saja dan kapan saja bisa kamu lakukan bersama para mentor atau instruktur ahli di bidangnya.

Mengutip dari informasi di website QuBisa, kurang lebih ada 500-an lebih kursus video serta 200-an webinar tentang hampir semua topik yang bisa didapatkan secara gratis dengan 200 lebih instruktur/pengajar. Meski tidak 100 persen gratis karena ada juga materi kursus yang berbayar. Apa pun pilihannya, dijamin belajar gak ribet kalau pakai QuBisa.

Aplikasi belajar online

Ingin dapat sertifikat pelatihan? Tenang di QuBisa juga ada kok. Sertifikat bisa kalian dapatkan dari beragam pelatihan baik itu kursus, webinar, microlearning, hingga belajar kilat. Hanya saja hanya yang bertanda khusus saja yang bisa mendapatkan sertifikat. Bisa kalian cek di deskripsi pelatihannya ada tanda “Bersertifikat” yang artinya kamu akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan program pelatihan tersebut.

Jika disimpulkan dalam beberapa poin, mungkin inilah alasan kenapa aku memilih menggunakan aplikasi QuBisa :

  1. Banyak materi kursus online gratis
  2. Materi berbayar harganya tergolong terjangkau
  3. Topik materi pembelajaran sangat beragam .
  4. Konten yang tersedia merupakan hasil kolaborasi dengan profesional/industri/universitas
  5. Akses mudah dan tak terbatas ke seluruh materi pembelajaran online yang tersedia
  6. Durasi video video pembelajaran singkat padat memudahkan pengguna untuk belajar step per step dan merupakan cara belajar efektif. Sehingga pengunaan waktu lebih fleksibel dan efisien.

Pengalaman Mengikuti Kursus Online Gratis Personal Branding di Aplikasi QuBisa

Belakang ini aku sering melihat informasi tentang pelatihan gratis di aplikasi QuBisa, tentu salah satu hal yang membuatku tertarik untuk mencoba adalah karena fitur gratisnya. Maklum saja di masa pandemi hampir semua orang memiliki kesulitan disektor ekonomi.Akhirnya aku mencoba sendiri aplikasi belajar online QuBisa untuk belajar menambah wawasan dan keahlian. Salah satu pembelajaran yang aku ikuti yaitu kursus online gratis dengan judul Personal Branding (Pencitraan Pribadi) disampaikan oleh instruktur Bayu Setiaji.

kursus online gratis

Lewat kursus online gratis di aplikasi siap kerja QuBisa, aku belajar tentang personal branding sebagai pencitraan diri kita di dunia nyata yang bisa diterapkan juga untuk dunia maya (pendapatku pribadi). Di kursus ini, instruktur memberikan pencerahan perihal personal branding. Ia menyebutkan bahwa personal branding sangat bagus menampilkan “nilai jual” atau kualitas diri sehingga dapat membantu kita meniti karir.

Materi kursus online mengenai cara meningkatkan personal branding ini cukup singkat karena hanya terdiri atas 1 materi video pembelajaran berdurasi 27 menit saja ditambah 1 bahan materi bacaan berbentuk pdf. Sayangnya aku tidak menemukan fitur unduh, yang menurutku penting karena sewaktu-waktu ingin mengulang kembali pembelajaran secara offline mungkin salah satu cara belajar efektif. Aku harap pihak pengembang aplikasi dapat memasukkan fitur ini untuk update aplikasi di masa mendatang.

Dari video berdurasi 27 menit tersebut aku mendapatkan insight baru mengenai personal branding. Yang kalau di ambil poin pentingnya dapat aku jelaskan secara singkat yakni : personal branding tentang persepsi yang dilihat orang lain atas diri kita. Apa yang orang lain pikirkan ketika mendengar nama kita disebut. Sesuatu yang “beda” yang tidak dimiliki oleh semua orang, membuat sesorang dapat dengan mudah diingat.

Apalagi personal branding pun kini sangat diperhatikan oleh pihak rekrutmen melalui interviewer. Karena interviewer sudah jenuh dengan kandidat yang hampir sama, bagi kandidat yang punya personal branding yang kuat hal ini dapat menjadi pembeda antara kalian dengan kandidat yang lain. Dengan demikian kalian menjadi kandidat yang punya peluang besar memenangkan persaingan. Jadi semakin yakin bahwa personal branding ini sangat penting terutama di kehidupan kerja di dunia profesional dan memudahkan jalan meniti karir.

Dengan tulisan ini, aku berharap dapat membantu teman-teman dapat menemukan jalan untuk meniti karirnya dengan mudah. Karena saat ini belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Apalagi untuk meningkatkan kompetensi diri maupun menambah wawasan. QuBisa merupakan aplikasi bermanfaat yang dapat membantu banyak orang untuk belajar mengembangkan diri, meningkatkan personal branding, upgrade ilmu dan skill, untuk upskilling dan reskilling. Maka dari itu aku ingin mengajak buat kalian yang belum ikutan belajar via aplikasi belajar online QuBisa untuk segera download aplikasinya di link yang aku sediakan berikut -> QuBisa untuk Android & QuBisa untuk Iphone

info lomba blog QuBisa

Terakhir informasi ini aku persembahkan untuk para pemikir di seluruh Indonesia. Khususnya para temen-temen blogger untuk ikutan kompetisi blog dari aplikasi siap kerja QuBisa dengan total hadiahnya Rp. 10 juta. Masih ada kesempatan nih karena lomba berlangsung dari 20 September – 10 Desember 2021. Yuk ramein gaes. Semoga salah satu dari kita bisa menang dari ikut pelatihan online di QuBisa dan menuliskannya di blog. Semoga informasi ini bermanfaat bagi temen pembaca tercinta 🙂

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Wahyu Eko C.

Wahyu Eko C.

Blogger pemula yang hobi nonton drakor, lari, desain dan gambar

3 komentar untuk “Belajar Personal Branding di Aplikasi Siap Kerja QuBisa”

  1. Personal branding ini ternyata sangat penting apalagi bagi kita-kita para freelancer. Saya juga suka pakai Qubisa untuk meningkatkan soft skill seperti mengikuti kelas personal branding ini. Kelasnya juga gak ngebosenin, ada yg pakai video pendek (microlearning), webinar dan lain sebagainya.

    Keren banget inovasinya dari Qubisa ini, semoga makin banyak kursus-kursus yang menarik

  2. Sejak mulai serius ngeblog, istilah yang paling sering saya dengar adalah personal branding, kayaknya emang hal yang pentuk tuk para freelancer yah.
    Pas banget ini ada kursusnya di aplikasi QuBisa. Wajib dicoba nih.

    Btw kalimat ini jujur sekali…wkwkwk “Alasan utama aku memilih aplikasi QuBisa yaitu Gratis”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *